Tips berbelanja online

Mendaftar untuk Verified by Visa
Beberapa bank penerbit kartu mungkin telah melengkapi seluruh kartu Visa dengan Verified by Visa sejak awal. Silakan cek ke bank penerbit kartu Anda untuk detail lebih lanjut.

Pastikan nomor telepon selular yang paling sering Anda gunakan sudah terdaftar di bank penerbit kartu Visa Anda, karena OTP akan dikirimkan ke nomor telepon selular tersebut.

Gunakan peramban yang aman
Pastikan terdapat huruf "s" di belakang "http" di halaman website atau URL toko online yang Anda kunjungi.

Gunakan internet untuk membandingkan toko-toko sebelum berbelanja online
Bandingkan produk dan harga sebelum Anda membeli - jelajahi berbagai toko untuk mendapatkan harga terbaik untuk barang yang Anda inginkan.

Lindungi detail kartu Anda
Hanya berikan detail kartu Visa Anda ke toko online dan situs yang Anda percaya pada saat Anda melakukan pembelian. Jangan ungkapkan detail kartu Visa Anda kepada siapapun untuk alasan apa pun selain itu.

Periksa kebijakan pesan antar dan pengembalian
Sebelum menyelesaikan sebuah transaksi online, bacalah kebijakan pesan antar dan pengembalian yang terdapat di halaman utama toko online. Cari tahu apakah barang yang Anda beli dapat dikembalikan dan pihak mana yang akan menanggung biayanya.

Jangan pernah mengirimkan informasi pembelian melalui email
Informasi yang beredar melalui internet (seperti email) tidak sepenuhnya terlindung dari kemungkinan untuk dibaca atau disalah gunakan oleh pihak lain yang tidak berwenang. Kebanyakan website dari merchant ternama menggunakan teknologi enkripsi yang dapat melindungi data pribadi Anda sehingga tidak dapat diakses pihak lain saat Anda melakukan transaksi secara online.

Simpanlah bukti transaksi Anda
Seperti halnya Anda menyimpan struk pembelian dari toko, Anda pun perlu menyimpan bukti pembelanjaan online. Simpanlah bukti transaksi Anda dengan menyimpan konfirmasi pembelian di komputer atau mencetaknya dengan printer.

Periksalah laporan rekening bulanan Anda dengan seksama
Selalu monitor laporan bulanan Anda, terutama setelah perjalanan ke luar negeri. Periksalah seluruh transaksi, bahkan yang kecil sekalipun, karena pelaku kriminal biasanya mengetes data rekening curian dengan membeli barang-barang yang murah terlebih dahulu, bukan yang mahal dan mencolok.

Langsung laporkan bila ada aktivitas yang mencurigakan untuk menghindari kemungkinan terjadinya penipuan lebih lanjut. Segera beritahu bank atau institusi keuangan Anda bila terdapat aktivitas mencurigakan di email Anda.

Hanya buka dan respon email yang telah lolos beberapa tes dasar

  • Apakah Anda mengenal pengirim email tersebut?
  • Sudah pernahkah Anda menerima email dari pengirim tersebut sebelumnya?
  • Apakah Anda menunggu email dengan lampiran dari pengirim tersebut?
  • Apakah email dari pengirim tersebut, konten yang terdapat di judul email, serta nama lampirannya masuk akal bagi Anda?
  • Apakah email tersebut mengandung virus?

* Diambil dari "Common Sense Guide for Home and Individual Users", Internet Security Alliance.

This publication could include technical inaccuracies or typographical errors. Changes are periodically added to the information herein. These changes will be incorporated in new editions of the publication. Visa may make improvements and/or changes in the product(s) and/or the program(s) described in this publication any time.