Prapeluncuran Kartu Bank Papua Visa Debit Pertama

01/27/2016

Prapeluncuran Kartu Visa Debit Bank Papua tandai ekspansi Visa ke Indonesia Timur

 

Bank Papua hari ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan kartu Visa Debit demi memberikan kepada nasabah kenyamanan, keamanan dan penerimaan yang luas untuk pembayaran atau akses keuangan di Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat dan di seluruh dunia.

Kartu Visa Debit terhubung dengan rekening bank nasabah dan dapat digunakan untuk melakukan pembelian secara online maupun langsung di merchant di manapun. Visa diterima, di lebih dari 36 juta lokasi merchant, atau untuk mengakses dana di 2.4 juta ATM di seluruh dunia.

Kemitraan antara Bank Papua dan Visa tidak hanya menandai masuknya Visa ke Indonesia Timur, tetapi juga menandai percepatan program elektronifikasi kartu pembayaran di seluruh Indonesia, khususnya Provinsi Papua, Papua Barat dan wilayah sekitarnya. Papua dan Papua Barat merupakan provinsi dengan tingkat pertumbuhkan tertinggi di negara ini. Bank Indonesia proyeksikan pertumbuhan ekonomi year on year sebesar 7.4 persen untuk Provinsi Papua dan 8.5 persen untuk Provinsi Papua Barat pada kuartal keempat 20151.

Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia mengatakan: “Bank Papua adalah bank daerah pertama di Indonesia Timur yang bermitra dengan Visa. Dengan bergabungnya Bank Papua menjadi keluarga Visa, maka saat ini Visa sudah mencakup seluruh Indonesia dari Sabang ke Merauke (barat ke timur). Kami berharap dengan hadirnya Visa di provinsi Papua akan lebih mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dengan menyediakan cara yang nyaman dan aman bagi para pemegang kartu untuk melakukan transaksi harian maupun bisnis.”

“Visa mendukung Bank Indonesia Gerakan Nasional Non-Tunai dan dengan kartu Bank Papua Visa Debit, kami selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan kami untuk membawa Indonesia menjadi masyarakat non-tunai (less-cash society),” tambah Ellyana.

Kartu Visa Debit Bank Papua tidak hanya memberikan kemudahan dan keamanan, tetapi juga penerimaan yang luas, termasuk transaksi online, menghubungkan pemegang kartu ke pasar global. Bank Papua menargetkan untuk mencapai 100.000 pemegang kartu pada akhir 2016 dan optimis dalam mencapai target ini.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Bank Papua menjelang usianya yang ke-50 di tahun ini, dengan mengumumkan rencana peluncuran Kartu Visa Debit. Hal ini mengukuhkan Bank Papua sebagai Bank Daerah di Indonesia Timur pertama yang menjadi bagian dari jaringan Visa yang dapat diakses dan diterima diseluruh dunia. Merupakan komitmen kami untuk meningkatkan transaksi non-tunai di Papua, Papua Barat dan wilayah Indonesia Timur,” ujar Johan Kafiar, Direktur Utama Bank Papua.

Bank Papua dan Visa akan terus menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam program dan produk yang akan didisain khusus untuk kebutuhan nasabah dan para pemegang kartu.

 

1 Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Papua Triwulan III & Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Papua Barat Triwulan III 2015 oleh Bank Indonesia (BI).

 

Tentang PT Bank Papua
PT. Bank Pembangunan Daerah Papua yang sebelum menjadi Perseroan Terbatas bernama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Irian Jaya, didirikan pada tanggal 13 April 1966 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Irian Barat Nomor:37/GIB/1966 dan disahkan menjadi Peraturan Daerah Propinsi Irian Barat Nomor 1 Tahun 1970 tanggal 23 Maret 1970 pada Lembaran Daerah Propinsi Irian Barat no. 42 tahun 1970, kemudian sesuai Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor Kep.283/DDK/II/1972 tanggal 15 Juli 1972 tentang pemberian izin usaha Bank Pembangunan Daerah Irian Barat berkedudukan di Jayapura melaksanakan operasional sebagaimana Bank Umum lainnya dengan Modal Dasar pertama kali ditetapkan sebesar IB Rp.4.000.000,-. Per 31 Desember Jaringan Kantor Bank Papua sebanyak 201 Kantor, dan jumlah total Delivery Channel sebanyak 555 yang terdiri dari 294 unit mesin ATM, 176 Unit menin EDC, 8 unit mesin CDM, 18 layanan Kasda Online, 23 Kantor Samsat Online, 18 Kabupaten/Kota yang dilayani melalui Kartu Pegawai Elektronik (KPE), 16 unit Layanan Payment Point dan 2 unit Mobil Kas Keliling. tersebar Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan DKI Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website BankPapua.


Tentang Visa Inc.

Visa adalah perusahaan teknologi pembayaran global yang menghubungkan konsumen, bisnis, bank dan pemerintahan di lebih dari 200 negara dan teritori, untuk menyediakan pembayaran elektronik yang cepat, aman dan tepercaya. Kami mengoperasikan salah satu jaringan pemrosesan data tercanggih di dunia – VisaNet – yang mampu menangani lebih dari 56,000 pesan transaksi per detik dengan perlindungan dari penipuan bagi konsumen dan pembayaran terjamin untuk merchant. Visa bukan bank dan Visa tidak menerbitkan kartu, menaikkan batas kredit atau menetapkan harga dan biaya bagi konsumen. Walaupun demikian, inovasi Visa memungkinkan bank-bank rekanannya untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen: membayar saat ini juga dengan kartu debit, membayar di muka dengan kartu prabayar, atau membayar di kemudian hari dengan produk kartu kredit. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi usa.visa.com/about-visa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews.