Visa Hadirkan Pembayaran Elektronik di “Pertandingan Olimpiade Rio 2016” dimana 1,2 Juta Wisatawan Diperkirakan Akan Datang ke Brasil

04/28/2016

Visa Tandai 100 Hari Menuju Upacara Pembukaan Pertandingan Olimpiade: Siapkan Teknologi Pembayaran Terbaru di seluruh Rio

 

Hari ini, Visa (NYSE: V) merayakan 100 hari menuju Pertandingan Olimpiade Rio 2016. Menginjak tahun yang ke-30 sebagai penyedia teknologi pembayaran eksklusif untuk Pertandingan Olimpiade, Visa menciptakan dan mengelola seluruh jaringan dan infrastruktur sistem pembayaran di seluruh lokasi acara, termasuk stadium, pusat layanan pers, point-of-sale (POS), Olympic Village, hingga Olympic Superstores. Tahun ini, Visa akan menempatkan 4,000 terminal POS di setiap lokasi penting, serta menempatkan 11 ATM yang bekerja sama dengan Bradesco.

Untuk memperluas cakupan sponsor, Visa juga memfasilitasi pengembangan infrastrukstur pembayaran di negara negara kota tuan rumah acara Olimpiade. Tahun ini, Visa akan memperkenalkan teknologi dan inovasi terbarunya di seluruh Rio, yaitu sistem pembayaran menggunakan telepon seluler dan payment wearables (aksesoris yang berfungsi sebagai alat pembayaran) – sehingga transaksi pembayaran dapat dilakukan hanya dengan menggesek, menempelkan, dan memasukkan kartu, atau hanya sekedar mengklik tombol.

“Visa senantiasa menyediakan teknologi pembayaran yang universal, teraman, dan tercepat untuk semua merchant di berbagai negara dan untuk segala jenis mata uang,” ujar Jim McCarthy selaku Executive Vice President of Innovation and Strategic Partnerships Visa Inc. “Sambil mempersiapkan Pertandingan Olimpiade Rio 2016, Visa juga mentransformasi metode pembayaran pengunjung sehingga mereka bisa melakukan pembayaran dimanapun, kapanpun, dan untuk transaksi apapun.”


Prediksi Wisata Pertandingan Olimpiade

Berdasarkan trend Pertandingan Olimpiade sebelumnya, Visa memperkirakan bahwa Brasil akan dikunjungi sekitar 400,000 hingga 500,000 pengunjung / wisatawan internasional pada bulan Agustus mendatang. Data yang diperoleh Visa menunjukkan bahwa jumlah perkiraan wisatawan yang datang ke Brasil tahun ini akan meningkat sebesar 1.2 juta wisatawan, jumlah yang lebih besar dibandingkan rata-rata wisatawan yang datang pada tahun 2010-2015, disebabkan oleh adanya persiapan Pertandingan Olimpiade ini.

Jumlah wisatawan internasional terbanyak diprediksi akan datang dari negara-negara seperti Amerika Latin dan wilayah Karibia (45% dari seluruh wisatawan internasional), kemudian dari Eropa (30%), dan Amerika Utara (15%).

Berdasarkan prediksi dari data Pertandingan Olimpiade sebelumnya, jumlah pengeluaran wisatawan yang masuk ke Brasil diperkirakan akan mengalami peningkatan. Pada saat Pertandingan Olimpiade London 2012, rata-rata pengeluaran satu wisatawan internasional adalah sebanyak $1,830 , yang merupakan dua kali lipat dari pengeluaran wisatawan reguler yang datang ke Inggris pada tahun 2012.

“Data tersebut menunjukkan adanya kesempatan untuk meningkatkan perdagangan melalui Pertandingan Olympic,’ ujar McCarthy. “Lebih dari 200 negara, 10,000 atlet, keluarga, kerabat, dan penggemar mereka akan berkumpul di Rio musim panas ini untuk menikmati acara perayaan olahraga dan atletik internasional ini. Visa sangat senang bisa menjadi bagian dari perjalanan mereka.”


Tips Perjalanan untuk Wisatawan Yang akan Mengunjungi Rio

Visa merupakan satu-satunya kartu yang diterima di semua tempat Pertandingan Olimpiade dan Paralympics Rio 2016 dan juga transaksi resmi terkait dengan Rio 2016. Untuk mempermudah pengunjung Pertandingan Olimpiade, Visa telah memberikan sejumlah tips perjalanan yang menyarankan pemegang kartu untuk:

  • Beritahu rencana perjalanan kepada bank penerbit atau institusi keuangan, termasuk rencana untuk menggunakan kartu debit, kredit, atau kartu prabayar Visa di luar negeri. Bank penerbit juga dapat memberikan informasi mengenai travel-related benefits (berbagai keuntungan terkait dengan perjalanan) untuk pemilik kartuVisa.
  • Mendaftarkan diri untuk mendapatkan notifikasi SMS ke bank masing-masing atau mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan notifikasi transaksi (transaction notification service) sehingga pengunjung bisa memantau semua transaksi kartu Visa.
  • Mengatur automatic bill pay (pembayaran tagihan otomatis) untuk kartu kredit agar pengunjung bisa merasa nyaman pada saat melakukan perjalanan ke luar negeri.
  • Disarankan untuk melakukan pembayaran melalui chip-activated terminal (terminal yang sudah mendukung transaksi dengan chip) menggunakan kartu kredit atau debit yang sudah mempunyai teknologi chip untuk keamanan lebih.
  • Mencari logo Visa atau PLUS pada point-of-sale / merchant untuk memastikan bahwa lokasi tersebut menerima penggunaan kartu pembayaran internasional.

 

Tentang Visa Inc.

Visa adalah perusahaan teknologi pembayaran global yang menghubungkan konsumen, bisnis, bank dan pemerintahan di lebih dari 200 negara dan teritori, untuk menyediakan pembayaran elektronik yang cepat, aman dan tepercaya. Kami mengoperasikan salah satu jaringan pemrosesan data tercanggih di dunia – VisaNet – yang mampu menangani lebih dari 65,000 pesan transaksi per detik dengan perlindungan dari penipuan bagi konsumen dan pembayaran terjamin untuk merchant. Visa bukan bank dan Visa tidak menerbitkan kartu, menaikkan batas kredit atau menetapkan harga dan biaya bagi konsumen. Walaupun demikian, inovasi Visa memungkinkan bank-bank rekanannya untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen: membayar saat ini juga dengan kartu debit, membayar di muka dengan kartu prabayar, atau membayar di kemudian hari dengan produk kartu kredit. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi usa.visa.com/about-visa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews.