Program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak Visa Jangkau Lebih dari 200,000 Ibu Rumah Tangga Indonesia

12/13/2017

Visa terus dukung program SiMOLEK OJK dengan mendonasikan komik literasi keuangan berjudul Guardians of the Galaxy.

 

Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia baru saja mengakhiri program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak 2017, sebuah program yang diadakan dalam rangka memberdayakan dan mendorong para perempuan untuk berbagi pengetahuan literasi keuangan dan telah menjangkau lebih dari 200.000 ibu rumah tangga di seluruh Indonesia.

Program ini merupakan hasil kolaborasi Visa bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyasar para ibu rumah tangga dan wanita karir yang tinggal di kota besar di Indonesia.

Mengusung konsep train the trainer, program ini memberdayakan dan mendorong para perempuan untuk memberikan edukasi keuangan kepada kerabat dekat, anggota keluarga, maupun tetangga, serta berbagi pengetahuan literasi keuangan melalui serangkaian aktivititas seperti lomba video dan foto melalui akun @IbuBerbagiBijak di Instagram. Dalam waktu kurang dari lima bulan, akun @IbuBerbagiBijak mencapai lebih dari 33.000 follower, lebih dari 75 video dan 152 foto dari peserta kompetisi, dan tiga kali menjadi trending topic di Twitter selama program berlangsung.

Adhe Hapsari selaku perwakilan dari Visa yang memimpin program pendidikan keuangan di Indonesia mengatakan: “Visa telah menjadi yang terdepan di sektor swasta dalam pengembangan program literasi keuangan yang inovatif dan bebas biaya untuk membantu masyarakat mempelajari dasar-dasar keuangan pribadi secara efektif. Kami juga memahami bahwa masyarakat jaman sekarang sangat dekat dengan sosial media, oleh karena itu kami memanfaatkan kekuatan sosial media untuk berbagi pengetahuan keuangan melalui #IbuBerbagiBijak.”

Program ini dimulai dengan serangkaian kegiatan lokakarya (workshop) dalam rangka melengkapi perempuan dengan keterampilan manajemen keuangan yang benar dan juga melibatkan komunitas blogger yang telah mempublikasikan 94 artikel, mencapai lebih dari 90,000 pageviews, serta menjangkau lebih dari 200.000 perempuan dan ibu rumah tangga di Indonesia. Visa juga menerbitkan sebuah buklet berisi beragam informasi literasi keuangan yang dikutip dari practicalmoneyskills.com (sebuah website interaktif milik Visa yang merupakan sumber edukasi untuk membantu individu dan masyarakat dalam membangun masa depan finansial yang lebih baik) dan juga dari buku-buku literasi keuangan lainnya yang diterbitkan oleh OJK

Tirta Segara selaku Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen mengatakan, “Ibu Rumah Tangga merupakan Menteri Keuangan keluarga. Mereka umumnya bertanggung jawab mengelola keuangan keluarga. Dalam Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI), OJK telah menempatkan Ibu Rumah Tangga sebagai salah satu kelompok prioritas edukasi keuangan. Oleh karena itu, OJK sangat mendukung dan mengapresiasi program #IbuBerbagiBijak yg dilaksanakan oleh Visa. Semoga edukasi keuangan untuk Ibu Rumah Tangga ini akan membawa kesehatan keuangan setiap keluarga di Indonesia dan kesehatan keuangan negara secara keseluruhan.”

Selain program #IbuBerbagiBijak, Visa juga mendonasikan 5.000 komik Marvel edisi khusus berjudul “Guardians of the Galaxy: Rocket’s Powerful Plan.” Komik tersebut menghadirkan karakter superhero ikonik dari Marvel dan menggabungkannya dengan pengetahuan literasi keuangan Visa dalam rangka memperkenalkan konsep manajemen keuangan dasar kepada para pembaca muda. Komik tersebut akan tersedia di Mobil Literasi Keuangan (SIMOLEK) yang diprakarsai oleh OJK. Saat ini OJK memiliki 41 unit SiMOLEK yang tersebar di 9 Kantor Regional dan 26 kantor OJK.

Adhe Hapsari menambahkan, “Komik ini merupakan cara yang menyenangkan bagi anak-anak dalam mempelajari keuangan pribadi, dan SiMOLEK merupakan tempat yang ideal untuk menghadirkan komik ini. Kami sangat bangga dapat menyediakan sarana untuk membantu anak-anak mengambil keputusan finansial yang bijak sejak dini."

 

Adhe Hapsari selaku perwakilan dari Visa yang memimpin program pendidikan keuangan di Indonesia (kedua kanan) menyerahkan secara simbolis komik Marvel edisi khusus berjudul “Guardians of the Galaxy: Rocket’s Powerful Plan” kepada Sondang Martha Samosir Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (kedua kiri) dan Horas VM Tarihoran selaku Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK (kiri) disaksikan oleh Craig Andrew selaku Head of Corporate Relations India, South Asia and Southeast Asia Visa (kanan). Komik tersebut menghadirkan karakter superhero ikonik dari Marvel dan menggabungkannya dengan pengetahuan literasi keuangan Visa dalam rangka memperkenalkan konsep manajemen keuangan dasar kepada para pembaca muda. Komik tersebut akan tersedia di Mobil Literasi Keuangan (SIMOLEK) yang diprakarsai oleh OJK. Saat ini OJK memiliki 41 unit SiMOLEK yang tersebar di 9 Kantor Regional dan 26 kantor OJK.

 

Tentang Visa Inc.

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin dalam pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman, yang memungkinkan individu, pelaku bisnis, dan ekonomi untuk maju. Jaringan pemrosesan kami yang canggih – yaitu VisaNet, menyediakan pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global dan mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan katalis bagi pertumbuhan dunia usaha melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan yaitu menciptakan dunia tanpa tunai bagi semua orang, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menerapkan merk, produk, personel, jaringan, dan skala dalam membentuk dunia perniagaan masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi usa.visa.com/aboutvisa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews.