Visa, Otoritas Jasa Keuangan, dan Bank Indonesia Kembali Mengatasi Minimnya Literasi Keuangan Lewat #IbuBerbagiBijak

08/07/2018

Kampanye Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak untuk menginspirasi lebih banyak ibu di Indonesia agar mampu mengelola keuangan rumah tangga mereka.

 

Perusahaan teknologi pembayaran global terdepan Visa kembali meluncurkan kampanye #IbuBerbagiBijak di tahun kedua, sebuah program literasi keuangan yang digelar dalam rangka mengedukasi dan mendorong para perempuan untuk berbagi pengetahuan seputar literasi keuangan. Program yang telah berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini telah menjangkau lebih dari 200.000 perempuan di seluruh Indonesia.   Kampanye tahun ini akan menghadirkan pakar finansial ternama untuk mengajarkan para perempuan Indonesia agar mampu mengelola keuangan dengan bijak, dan melibatkan sejumlah wirausaha perempuan sebagai narasumber tamu yang akan membagikan kisah hidup mereka dalam mengelola keuangan dan menjalankan bisnis pribadi sebagai sumber inspirasi. 

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, menatakan: “Melanjutkan kesuksesan kampanye tahun, kami sangat senang dapat meluncurkan kampanye literasi keuangan #IbuBerbagiBijak di tahun kedua ini. Tahun ini, Visa bersama dengan OJK dan dukungan BI, bermaksud mengasah lebih banyak perempuan khususnya para ibu di Indonesia, mengajarkan mereka pengelolaan keuangan yang bijak dan mendorong mereka untuk berbagi pengetahuan tersebut dengan anggota keluarga dan lingkungan.” 

Mengusung konsep “train the trainer”, program ini akan dilaksanakan dari bulan Juli hingga September yang terdiri dari serangkaian lokakarya dan aktivitas online melalui akun Instagram @IbuBerbagiBijak. Beragam topik akan dibahas, mulai dari tips membuat anggaran, menabung, dan mengatur pengeluaran yang bijak, hingga kiat-kiat mendapatkan penghasilan tambahan, serta tips keamanan dalam bertransaksi non tunai. 

Kampanye #IbuBerbagiBijak tahun ini turut melibatkan sejumlah organisasi perempuan yang berpengaruh, salah satunya Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta. Visa juga akan menerbitkan sebuah buklet berisi beragam informasi tentang literasi keuangan yang dikutip dari practicalmoneyskills.com dan buku-buku literasi keuangan yang diterbitkan oleh OJK. 

Tirta Segara, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan OJK mengatakan bahwa Perempuan merupakan critical economic players di Indonesia mengingat banyak keputusan ekonomi penting, baik di tingkat keluarga, tingkat perusahaan, maupun di tingkat negara dibuat oleh Perempuan. 

“Namun demikian, hasil Survei Nasional OJK 2016 menunjukan bahwa tingkat literasi dan inklusi keuangan perempuan yang masih rendah, yaitu sebesar 25,5 persen dan 66,2 persen atau lebih rendah dibandingkan tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki, yaitu sebesar 33,2 persen dan 69,6 persen” kata Tirta. 

Menurutnya, Perempuan atau ibu rumah tangga merupakan Menteri Keuangan dalam kebanyakan keluarga di Indonesia. “OJK sangat mengapresiasi dan mendukung Program Ibu Berbagi Bijak yang diselenggarakan oleh Visa. Diharapkan setelah mengikuti program ini, para peserta memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan keluarga.” katanya. 

Pungky P. Wibowo, Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia menyampaikan bahwa “Wanita telah menjadi salah satu sasaran utama upaya peningkatan akses keuangan sebagaimana tercantum dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). Peningkatan akses wanita kepada lembaga keuangan formal yang dibarengi dengan peningkatan edukasi keuangan, diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Upaya aktif Bank Indonesia antara lain melalui inisiatif Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan sejak tahun 2014, serta program penyaluran bantuan sosial non tunai, perluasan agen bank dan program pemberdayaan wanita”. 

Diluncurkan pada bulan Juni 2017 lalu, kampanye literasi keuangan #IbuBerbagiBijak dengan segera berhasil memperoleh animo yang positif dari komunitas perempuan. Selama periode Juli hingga September 2017, akun Instagram Visa @IbuBerbagiBijak berhasil memiliki lebih dari 30.000 follower, menjadi trending topic di Twitter, dan telah diulas di lebih dari 90 blog pribadi.  

“Selama lebih dari 20 tahun, Visa telah menjadi pemimpin di sektor swasta dalam mengembangkan program literasi keuangan yang inovatif dan bebas biaya untuk membantu masyarakat mempelajari dasar-dasar pengelolaan keuangan, seperti penganggaran, penghematan, dan pengeluaran yang bijak. Tentunya kami berharap program #IbuBerbagiBijak di Indonesia juga akan turut menggaungkan literasi keuangan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak demi masa depan Indonesia yang lebih baik," tambah Riko. 

Silahkan kunjungi @Ibuberbagibijak di Instagram untuk informasi lebih lanjut tentang program ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang literasi keuangan, silakan kunjungi www.practicalmoneyskills.co.id  

 

 

 

Tentang Visa Inc.  

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi About Visa, visacorporate.tumblr.com and @VisaNews