Visa Gelar Workshop Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak Jangkau Pelaku Usaha Perempuan di Yogyakarta

09/03/2019

Program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak yang diinisiasi Visa, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, kali ini diselenggarakan di Yogyakarta. Workshop digelar dalam rangka mengedukasi para pelaku usaha perempuan seputar manajemen keuangan mendasar untuk bisnis mereka.

 

Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, kembali menggelar program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak, sebuah program yang mengedukasi perempuan untuk berbagi pengetahuan seputar manajemen keuangan. Memasuki tahun ketiga penyelenggaraan, workshop kali ini diselenggarakan di Yogyakarta, menyasar para pelaku usaha perempuan di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Yogyakarta. 

Hadir dalam Workshop Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak II, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, Kepala Bagian Industri Keuangan Non Bank, Pasar Modal, dan Edukasi Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Noor Hafid, Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi, UKM, dan Nakertrans Kota Yogyakarta sekaligus Wakil Ketua I Dekranasda Kota Yogyakarta Rihari Wulandari, serta Financial Educator Prita Ghozie, di Yogyakarta, Selasa (03/09). Workshop tersebut tidak hanya mengedukasi seputar pengetahuan manajemen keuangan yang mendasar, tetapi juga agar pelaku usaha perempuan cerdas dalam mengakses produk/layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kemampuan, serta pentingnya pemahaman akan perlindungan konsumen dalam mendukung pengembangan bisnis yang berkelanjutan. 

Riko Abdurrahman selaku Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia mengatakan, “Kami senang bisa bekerja sama dengan OJK dan BI untuk memperluas program #IbuBerbagiBijak tahun ini, dengan menggandeng para pelaku usaha perempuan dan Komunitas UMKM. Kami meyakini bahwa mereka adalah salah satu pihak yang dapat berperan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di masa mendatang. Workshop kali ini juga kami gelar di Yogyakarta, mengingat posisinya sebagai salah satu pusat ekonomi kreatif dan kewirausahaan”. 

Sementara itu, Rihari Wulandari, Kepala Bidang UKM dari Dinas Koperasi, UKM, Dan Nakertrans Kota Yogyakarta (dalam kepengurusan Dekranasda Kota Yogyakarta menjabat sebagai Wakil Ketua 1) mengatakan, "Sebagai pihak yang lekat sekali pada bidang wirausaha, kami merasa sangat terbantu dengan adanya program #IbuBerbagiBijak ini. Antusiasme kami terhadap program ini sangat tinggi karena kami belajar dari pengalaman sebelumnya. Apabila dalam berkreasi membuat usaha rumahan tidak disertai pengetahuan dan pemahaman literasi keuangan yang baik, maka keuntungan yang didapat tidak akan maksimal, bahkan bisa saja menyebabkan cashflow yang berantakan. Kami sangat berterima kasih kepada Visa karena sudah melibatkan kami di program #IbuBerbagiBijak yang sarat manfaat, bukan hanya untuk keuangan usaha tetapi juga keuangan keluarga”. 

Diluncurkan pada bulan Juni 2017, program #IbuBerbagiBijak telah menjangkau lebih dari 300.000 perempuan di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program ini, silakan kunjungi @Ibuberbagibijak di Instagram. Untuk informasi lebih lanjut tentang panduan literasi keuangan dari Visa yang bebas diakses, silakan kunjungi www.practicalmoneyskills.co.id

 

Tentang Visa Inc.

 Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi About Visa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews