NIUM Gandeng Visa Sediakan Layanan Transfer Uang secara Instan di Asia Tenggara

11/20/2019

 

Nium, sebuah platform pembayaran digital antarnegara yang berkembang pesat, saat ini sudah memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer uang secara real-time kepada pemegang kartu debit Visa di Asia Tenggara melalui solusi push payment Visa yang bersifat real time, yang bernama Visa Direct1

Nium Pte. Ltd. (sebelumnya dikenal dengan nama InstaRem Pte. Ltd.) merupakan perusahaan fintech pertama yang menyediakan layanan transfer uang di Asia Tenggara yang mendukung layanan transfer secara instan ke rekening bank penerima menggunakan 16-digit nomor kartu debit Visa. Baru saja diluncurkan di Singapura, solusi ini dirancang untuk transfer peer-to-peer dan business-to-business. Pada fase pertama, layanan remitansi ini menjangkau beberapa negara Asia Tenggara dari Singapura, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.  

Prajit Nanu, co-founder dan CEO Nium mengatakan, “Di Nium, kami memahami bahwa individu dan bisnis membutuhkan penerimaan uang yang cepat, khususnya di negara yang tidak memiliki solusi pembayaran instan seperti FAST atau IMPS. Kerja sama yang memanfaatkan solusi push payment dan keamanan jaringan Visa ini akan memudahkan konsumen untuk transfer uang dengan cara yang lebih cepat, nyaman, dan aman.“  

Berdasarkan survei Visa terbaru2, lebih dari satu per tiga responden di Singapura menggunakan layanan transfer uang internasional setidaknya satu kali dalam setahun. Hasil survei tersebut mengindikasikan hampir setengah dari responden (49 persen) berharap dana mereka sukses ditransfer dalam kurun waktu kurang dari sehari, yang menandakan kebutuhan akan solusi transfer uang antarnegara yang efisien.  

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, menyatakan, “Kami menyambut baik kolaborasi Visa dan Nium yang memungkinkan layanan transfer uang secara instan melalui solusi push payment Visa Direct di negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Layanan transfer uang antarnegara sangat penting bagi pekerja Indonesia di luar negeri, khususnya dari Singapura, yang ingin mengirimkan uang ke keluarganya di kampung halaman. Kemampuan melakukan transfer dana secara real-time yang tanpa hambatan dan aman menjadi manfaat nyata bagi para keluarga ini.” 

Nium termasuk dalam program Fintech Fast-Track Visa. Program ini memudahkan dan mempercepat proses bagi para fintech mitra dalam membangun dan menawarkan pengalaman bertransaksi yang baru, memanfaatkan jaringan pembayaran Visa. 

 

1 Ketersediaan dana aktual bergantung pada lembaga keuangan dan wilayah yang menerima. Visa mensyaratkan penerbit kartu memiliki layanan dana cepat yang memungkinkan dana tersedia bagi pemegang kartu dalam kurun waktu maksimal 30 menit setelah menyetujui transaksi. 

2 Visa menginisiasi YouGov untuk mewawancarai 1.060 penduduk Singapura pada Oktober 2019 untuk memahami penggunaan dan preferensi mereka terkait layanan transfer uang internasional.  

 

Tentang Visa Inc.  

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi About Visa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews

 

Tentang Nium

Berpusat di Singapura, Nium (sebelumnya dikenal sebagai InstaRem) adalah platform transfer uang antar negara berbasis digital yang dibangun oleh tim yang membentuk InstaRem pada tahun 2014. Platform Nium memudahkan pebisnis untuk mengirimkan, membiayai, dan menerima uang lintas negara, dengan sebuah misi untuk demokratisasi pergerakan uang ke seluruh dunia. Nium berada di bawah regulasi AS, Uni Eropa, Singapura, Kanada, Hong Kong, India, Australia dan Malaysia, dan memroses triliunan dolar AS setiap tahunnya bagi bank, institusi pembayaran, dan pebisnis retail di seluruh dunia. Beberapa investor Nium termasuk Global Founders Capital, Vertex Ventures, Fullerton Financial Holdings, GSR Ventures, SBI-FMO Emerging Asia Financial Sector Fund, MDI Ventures, Beacon Venture Capital, Vertex Growth Fund, dan Atinum Investment. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.nium.com/