Kolaborasi Visa dan Gojek Dorong Pertumbuhan Bisnis UMKM di Indonesia

12/10/2020

Kampanye “UMKM Bisa!” menjangkau 600.000 merchant Gojek melalui seperangkat instrumen dan pengetahuan online untuk mempertahankan usaha di era new normal.

 

Visa, pemimpin pembayaran digital di dunia, mengumumkan kolaborasi dengan Gojek, penyedia teknologi pembayaran digital dan layanan on-demand terkemuka. Visa meluncurkan kampanye “UMKM Bisa!” yang bertujuan untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bawah naungan Gojek di Indonesia. Kampanye UMKM Bisa! menghadirkan seperangkat instrumen, pengetahuan, dan wawasan bisnis bagi UMKM yang telah tergabung dalam ekosistem Gojek agar mampu bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi dan seterusnya.

UMKM Bisa! menghadirkan beragam video, infografik, dan modul e-learning yang menargetkan 600.000 merchant UMKM Gojek serta mengomunikasikan inisiatif ini ke sekitar tujuh juta merchant UMKM lainnya, dan menerapkan pendekatan tiga tahap dalam mendukung pengembangan kapasitas usaha secara maksimal. Para pelaku UMKM akan menerima serangkaian modul interaktif yang dapat dipelajari secara mandiri, dan jika siap, mengerjakan kuis untuk menguji pemahaman atas materi yang disampaikan. Setelah lulus kuis, para pelaku UMKM akan menerima sertifikat kelulusan dan kesempatan untuk memenangkan sejumlah hadiah menarik.

Berdasarkan studi Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), upaya pengembangan kapasitas UMKM sangatlah penting di mana tanpa adanya dukungan tambahan, banyak UMKM akan terpaksa tutup usaha dalam waktu enam bulan jika Pembatasan Sosial Berskala Besar terus diterapkan. Di Indonesia, lebih dari 90% bisnis masuk dalam kategori UMKM yang berkontribusi 60% terhadap produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97% tenaga kerja domestik. Hal ini menjadikan UMKM sebagai roda penggerak yang vital bagi kesehatan perekonomian Indonesia.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan: “Kami senang dapat bermitra dengan Gojek dalam meluncurkan kampanye UMKM Bisa! Yang menghadirkan perangkat dan pengetahuan online bagi pelaku UMKM untuk memperkuat bisnisnya. Seiring dengan pandemi COVID-19 yang terus berlanjut, banyak pelaku usaha yang terdampak dan membutuhkan dukungan. Sebagai perusahaan global yang menjalankan bisnis lokal, kami menyadari kebutuhan ini di Indonesia. Kami juga berkomitmen terhadap pemulihan jangka panjang dan akan terus mencari cara untuk mengakselerasi aktivitas ekonomi. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk membantu individu, bisnis, dan ekonomi berkembang.”

Dukungan Gojek untuk kampanye UMKM Bisa! merupakan bagian dari upaya berkelanjutan di bawah inisiatif #MelajuBersamaGojek yang bertujuan untuk mendukung UMKM Indonesia go digital melalui beragam solusi komprehensif dan inklusif di ekosistem Gojek. Berbagai solusi ini bertujuan membantu UMKM dalam menjalankan kegiatan operasional harian, mulai dari pemasaran, pemrosesan pesanan, pembayaran, pengiriman logistik, hingga administrasi bisnis.

Nila Marita, Chief Corporate Affairs Gojek, mengatakan, “Dukungan kami terhadap kampanye UMKM Bisa! merupakan bagian dari misi jangka panjang kami bermitra dengan sektor swasta, publik, dan organisasi pemerintah untuk mengakselerasi UMKM agar mampu go digital, yang terbukti menjadi strategi penting dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis di masa yang penuh tantangan ini. Sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia belajar berbisnis sendiri tanpa melalui pendidikan bisnis yang formal. Kampanye UMKM Bisa! menghadirkan akses terhadap informasi strategis dan berwawasan yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM yang tergabung dalam ekosistem Gojek dalam mendorong pertumbuhan usaha. Hal ini tidak hanya menguntungkan usaha mereka, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap ketahanan perekonomian Indonesia.”

Gojek telah menerapkan beragam pendekatan dalam mendukung UMKM agar mampu go digital. Selain menyediakan solusi bisnis dari hulu ke hilir melalui fitur penemuan, pembayaran, logistik, dan layanan bisnis lain di ekosistemnya, Gojek juga memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mengembangkan kemampuan usahanya melalui akses terhadap program pembangunan kapasitas yang dilaksanakan secara mandiri maupun melalui kemitraan.

“Visa senantiasa mendukung penuh perekonomian Indonesia, terutama dalam menghadirkan cara membayar dan dibayar terbaik bagi siapapun, di manapun. Kami memperkuat keterlibatan dan kolaborasi kami dengan klien, mitra, dan vendor untuk menjaga semuanya tetap berjalan di masa yang penuh tantangan ini. Kami percaya bahwa kita dapat melewati pandemi ini dan bertumbuh lebih kuat apabila menghadapinya bersama-sama,” tambah Riko.

Sejumlah inisiatif awal kolaborasi Visa dan Gojek dapat dilihat di:
https://campaign.gobiz.co.id/id/umkmbisa/ .

 

Tentang Visa Inc.

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi About Visa, visa.com/blog dan @VisaNews.

Tentang Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang memelopori model Super App dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya.

Sejak awal berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di empat negara di Asia Tenggara. Per September 2020, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara.

Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus menawarkan cara pintar guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Aplikasi Gojek tersedia untuk diunduh melalui iOS dan Android.