Studi Visa: Masyarakat Indonesia terus meminati eCommerce untuk pembelian yang lebih cepat, aman, dan nyaman

05/03/2021

• Studi Visa menyoroti bagaimana kondisi 'new normal' telah mendorong banyak konsumen Indonesia untuk mempertimbangkan platform eCommerce sebagai sarana ideal untuk memenuhi kebutuhan mereka, dengan top-up dan pembayaran tagihan sebagai kategori yang paling dicari.
• Studi tersebut juga mengungkapkan penawaran diskon yang menarik pada platform eCommerce mendorong pembayaran menggunakan kartu tetap diminati.
• Untuk merayakan bulan Ramadhan, Visa menawarkan promosi diskon yang menarik di sejumlah marketplace, termasuk pemesanan melalui GoFood.

 

Visa, pemimpin dunia dalam pembayaran digital, hari ini mengadakan acara buka puasa bersama virtual sekaligus mengumumkan lebih banyak temuan penting tentang bagaimana selera belanja konsumen Indonesia telah semakin bergeser ke arah eCommerce. Menurut survei Visa1, kondisi 'new normal' telah mendorong banyak konsumen Indonesia untuk mempertimbangkan platform eCommerce sebagai sarana ideal untuk membayar kebutuhan mereka, dengan top-up dan pembayaran tagihan sebagai kategori yang paling banyak digunakan.

Menurut studi tersebut, tiga produk dan layanan terpopuler yang dibeli di platform eCommerce selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah top-up dan pembayaran tagihan (49%), belanja ritel (45%), dan pemesanan makanan (34%). Pengiriman gratis (69%) dan voucher diskon (64%) adalah fitur penawaran eCommerce yang paling dicari konsumen saat melakukan pembelian.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan, “Pandemi saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless. Studi kami menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat eCommerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lainnya.”

Studi tersebut juga mengungkapkan tiga metode pembayaran eCommerce terpopuler selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah dompet digital (65%), transfer bank (30%), dan transfer ke akun virtual (27%). Sementara itu, pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform eCommerce didorong penawaran diskonnya yang menarik.

Untuk merayakan bulan Ramadhan, Visa menawarkan promosi diskon menarik di GoFood, serta di sejumlah marketplace:

  • Diskon Rp 35.000 untuk pembelian minimum Rp 70.000 saat memesan makanan melalui GoFood, untuk pengguna kartu Visa yang baru pertama kali mengaktivasinya di aplikasi.
  • Shopee, diskon 10% hingga Rp 150.000 per transaksi setiap hari Jumat dengan minimal pembelanjaan Rp 1 juta.
  • Tokopedia dan JD.ID, diskon s.d. Rp 150K setiap hari Minggu dengan pembelanjaan minimum Rp2,5 juta untuk kartu kredit dan Rp1,25 juta untuk kartu debit.
  • Syarat dan ketentuan berlaku.

Riko menambahkan, “Dalam kampanye 'Lebih Nyaman NonTunai' kami, Visa terus aktif bermitra dengan platform eCommerce untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil dan mikro, dengan menawarkan promosi diskon yang menarik baik bagi penjual maupun konsumen. Kami yakin inisiatif seperti ini dapat membantu konsumen untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka secara lokal, dan bagi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia untuk terus bertahan dan bertumbuh di masa-masa yang penuh tantangan ini.”

 

1 Survei dilakukan online oleh YouGov, disponsori oleh Visa, pada tanggal 19-23 November 2020 yang melibatkan 2.146 responden Indonesia. Sampel responden mewakili penduduk Indonesia usia dewasa di atas 18 tahun dengan kategorisasi berdasarkan umur, jenis kelamin, status sosial ekonomi, tier kota, status pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Survei responden di antaranya seputar perilaku berbelanja di e-commerce, kebiasaan berbelanja, dan sentimen terhadap produk lokal.

 

Tentang Visa Inc.

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi About Visa, visa.com/blog dan @VisaNews.