Visa dan ALTO luncurkan kemitraan untuk memfasilitasi pemrosesan kartu debit secara domestik di Indonesia

06/10/2021

• Teknologi pembayaran Visa yang canggih serta pengalaman lebih dari 60 tahun memimpin pembayaran digital global akan mendukung ALTO dalam meningkatkan keamanan, efisiensi operasional, dan manajemen risiko.
• Kemitraan ini merupakan wujud komitmen bersama dalam menghadirkan keunggulan global di sistem Gerbang Pembayaran Nasional dengan memfasilitasi pemrosesan kartu debit secara domestik yang aman, andal, dan lancar di Indonesia.

 

Visa, pemimpin pembayaran digital di dunia, dan ALTO, penyedia layanan switching dan pembayaran digital terkemuka di Indonesia, hari ini secara resmi meluncurkan kemitraan untuk memfasilitasi pemrosesan transaksi kartu debit secara domestik, yang didukung oleh Bank Indonesia.

Melalui kemitraan ini, Visa dan ALTO akan bekerja sama untuk menghadirkan keunggulan global di sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan meningkatkan kapabilitas ALTO menjadi kelas dunia perihal sistem keamanan, efisiensi operasional, dan manajemen risiko. Kemitraan ini juga akan menghadirkan inovasi pembayaran terbaru dan memberikan layanan bernilai tambah bagi para pelaku bisnis dan konsumen, serta memperluas penerimaan teknologi pembayaran contactless dan e-commerce di Indonesia.

Menyambut kemitraan ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan, “Kami berharap kerja sama dengan VISA dan ALTO akan mampu mendukung ekosistem pembayaran digital yang lebih aman, cepat dan murah untuk memperlancar transaksi keuangan, serta mampu menurunkan biaya transaksi pembayaran, mendukung efektivitas kebijakan di sektor keuangan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem pembayaran digital dan sistem keuangan secara umum. Kemitraan ini kiranya menjadi capaian positif bagi ALTO, untuk meningkatkan kemampuan menuju kelas dunia melalui transfer knowledge dari VISA di bidang keamanan siber, manajemen risiko, keberlangsungan bisnis dan operasional.”

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Fitria Irmi Triswati, mengatakan, “Bank Indonesia mendukung penuh kemitraan ALTO dan Visa sebagai langkah penting dalam meningkatkan kapabilitas pemrosesan transaksi kartu debit secara domestik dan memastikan standar operasional, manajemen risiko, dan keamanan yang berkualitas global. Kami meyakini kemitraan ini akan memberikan nilai tambah dalam mendukung Visi Sistem Pembayaran Bank Indonesia 2025, terutama terkait prinsip timbal balik dalam hal pemrosesan semua transaksi secara domestik di sistem Gerbang Pembayaran Nasional. Kami berharap kemitraan ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital yang sejalan dengan kepentingan nasional.”

Berdasarkan data Bank Indonesia, pengeluaran personal mengalami pertumbuhan dengan 64,5 juta transaksi kartu debit senilai Rp29 triliun pada bulan April 2021, meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan bulan April 20201. Hal ini mencerminkan minat akan belanja rumah tangga yang kembali meningkat dan optimisme terhadap perekonomian Indonesia yang beranjak pulih secara bertahap di tengah pandemi COVID-19.

Sung Y. Kim, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, juga menyampaikan apresiasinya: “Mewakili pemerintah Amerika Serikat di Indonesia, saya dengan senang hati mendukung kemitraan ini yang saya percaya sangat vital dalam meningkatkan sistem pembayaran nasional menjadi kelas dunia. Sejarah panjang Visa dalam mendorong inovasi dan transformasi teknologi pembayaran di seluruh dunia, dikombinasikan dengan jejak dan peran ALTO sebagai lembaga switching terkemuka di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Indonesia, akan memastikan layanan keuangan yang terbaik dapat tersedia luas bagi seluruh masyarakat Indonesia”.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan, “Kami sangat antusias dalam menghadirkan teknologi pembayaran Visa yang canggih dan pengalaman lebih dari 60 tahun mengelola jaringan pembayaran global di dalam kemitraan dengan ALTO. Kemitraan ini akan memperkuat posisi ALTO sebagai mitra Gerbang Pembayaran Nasional pilihan di Indonesia dan memfasilitasi penerapan standar operasional yang berkelas dunia. Bersama-sama, kami berharap dapat mendorong pemberdayaan bangsa dalam mengusung perekonomian digital, serta memperluas akses pembayaran digital melalui sistem pembayaran nasional yang aman, andal, dan lancar.”

Armand Widjaja, CEO ALTO Network, mengatakan: “Kami berbagi visi yang sama dengan Visa untuk mendorong pemberdayaan bangsa dengan menyediakan layanan pemrosesan transaksi kartu debit berkelas dunia bagi para konsumen kami. Kemitraan ini menandakan pencapaian yang signifikan dari tujuan ambisius ALTO untuk menjadi mitra sistem pembayaran dan digital yang terkemuka dan terpercaya di Indonesia, yang menawarkan teknologi terbaru dan layanan bisnis yang unggul. Seiring kami memprioritaskan keamanan dan keandalan jaringan kami yang memiliki Service Level Agreement hingga 99,9%, kami berharap dapat bekerja sama dengan Visa dalam memastikan keberlanjutan peningkatan kualitas layanan ALTO demi kepuasan para klien dan konsumen kami.”

 

1 https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/apmk-transaksi.aspx

 

Tentang Visa Inc.

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi About Visa, visa.com/blog dan @VisaNews.

Tentang ALTO

PT. ALTO Network (ALTO) adalah perusahaan Penyelenggara Switching yang mulai beroperasi sejak tahun 1994. ALTO mendapatkan izin sebagai Prinsipal ATM/Debit, Penyelenggara Kliring, Penyelenggara Penyelesaian Akhir (setlement) dan sebagai Lembaga Switching dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dari Bank Indonesia. Dalam perjalanannya, bisnis ALTO telah berkembang dari bisnis Penyedia Jaringan ATM/Debit ke Solusi Pembayaran Digital, dan bertransformasi menjadi “yang terdepan sebagai Penyedia Solusi Pembayaran Nasional dengan menggunakan inovasi teknologi yang paling mutakhir untuk memberikan dampak positif dalam mengkoneksikan Perlaku Bisnis dan Lembaga keuangan dengan para konsumen”. ALTO selalu berusaha memberikan dukungan untuk Lembaga Keuangan beserta Partner yang lain dengan memberikan solusi yang inovatif guna memenuhi kebutuhannya.

ALTO saat ini terkoneksi dengan lebih dari 100.000 jaringan ATM dan lebih dari 1.000.000 EDC. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi alto.co.id.