Kolaborasi Visa dan Edtech Cakap, Bekali UMKM Literasi Keuangan

07/04/2023

 

Sejalan dengan pengumuman terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan berakhirnya pandemi Covid-19, ekonomi global mencatat titik balik, memberikan peluang baru bagi pertumbuhan bisnis, terutama bagi para pengusaha. Namun, di tengah pergeseran positif ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi tantangan berkelanjutan, termasuk akses terbatas ke lembaga keuangan dan kurangnya literasi keuangan.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai 65,47 juta unit pada tahun 2019. Sejak pandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM yang mengharapkan tambahan atau pinjaman modal. Namun, faktanya di lapangan, belum banyak para pelaku UMKM yang memahami sektor keuangan dari sektor perbankan maupun produk finansial lainnya. Sehingga, tidak sedikit para pelaku UMKM yang akhirnya terjerumus ke pinjaman online ilegal, yang semakin memperkeruh bisnisnya. Selain itu banyak pelaku UMKM yang masih menjalankan usahanya secara tradisional, sehingga literasi keuangan dan bisnis di era digital ini mutlak diperlukan.

Menanggapi hal ini, PT Visa Worldwide Indonesia (Visa Indonesia) menginisiasi upaya untuk mensosialisasikan prinsip dasar literasi keuangan di kalangan UMKM, terutama mereka yang menjalankan bisnis kecil dan mikro dari rumah. “Literasi digital harus memberikan pencerahan bagi UMKM dan dapat mengangkat mereka ke tingkat bisnis berikutnya. Tantangan besar terletak dalam bagaimana mereka dapat beradaptasi dalam ekosistem digital yang kompleks,” ujar Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia. “Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap nota kesepahaman dengan Kadin Indonesia pada awal tahun ini untuk meningkatkan keterampilan bisnis dan literasi keuangan UMKM Indonesia, kami sangat senang dapat menjalin kemitraan dengan Cakap untuk menyediakan peluang peningkatan keterampilan ini yang kami harap akan membantu UMKM di Indonesia berkembang,” tutup Riko.

Visa menggandeng edtech Cakap dalam memberikan pembelajaran mandiri yang mencakup materi tentang bisnis dan literasi keuangan. Jonathan Dharmasoeka, Chief Financial Officer Cakap, menyampaikan apresiasinya atas kerja sama ini, karena adanya visi misi yang sama dengan Visa, agar UMKM di Indonesia bisa menjalankan usaha yang berkelanjutan. “Akan terdapat dua materi utama yang diberikan kepada para peserta. Yakni mengenai literasi bisnis yang meliputi pengetahuan dasar bisnis, manajemen bisnis, dan digitalisasi. Kedua, mengenai literasi keuangan, yang meliputi perputaran keuangan, pengetahuan lembaga keuangan, dan pendanaan,” ujar Jonathan.

Materi yang diberikan Cakap -yang didasarkan pada kurikulum Practical Business Skills dan Practical Money Skills dari Visa- akan berupa self-paced learning dan peserta nantinya akan diundang untuk mengikuti webinar, yang akan dibimbing oleh pakar bisnis dan keuangan. Untuk menggaet peserta lebih luas lagi, Cakap bekerja sama dengan beberapa pemangku kepentingan, yang menaungi pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. “Kami berharap akses konten pembelajaran bagi penerima manfaat akan jauh lebih mudah. Selain itu, materi yang disiapkan Cakap adalah konten hiperlokal yang relevan,” tambah Jonathan.

Visa dan Cakap berharap, setelah pelatihan ini peserta akan mendapatkan kesempatan untuk membangun keterampilan dan kemampuan yang akan berdampak pada pengembangan bisnis mereka. Kerjasama ini membantu mewujudkan misi Visa dan mitra pemangku kepentingan untuk memperluas dampak dalam membangun kapasitas UMKM sebagai tulang punggung penting dalam perekonomian.

 

Tentang Cakap

Cakap adalah salah satu perusahaan Edukasi Teknologi terbesar di Indonesia yang mengembangkan aplikasi pembelajaran yang menghubungkan siswa dengan guru profesional dan pakar industri melalui panggilan video dan percakapan teks. Platform pendidikan Cakap menyediakan interaksi pembelajaran dua arah untuk pembelajaran skills terkini di berbagai negara Asia Pasifik. Tersedia di Google Play dan App Store untuk menjangkau berbagai segmen pengguna karena Cakap yakin setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Cakap memberikan solusi pendidikan dengan kurikulum pembelajaran berstandar internasional untuk memberikan pengalaman belajar online terbaik. #SiapaCakapDiaDapat

 

Tentang Visa

Visa (NYSE: V) adalah pemimpin dunia dalam pembayaran digital yang memfasilitasi transaksi antara konsumen, pedagang, lembaga keuangan, dan institusi pemerintah di lebih dari 200 negara dan wilayah. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, mudah, andal, dan aman, yang memungkinkan individu, pelaku usaha, dan perekonomian untuk terus berkembang. Kami meyakini bahwa ekonomi yang inklusif akan mampu memberdayakan semua orang dimanapun mereka berada. Kami juga meyakini bahwa akses merupakan fondasi utama untuk terus mendorong pergerakan uang di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Visa.com.