
Industri jasa keuangan telah mengalami transformasi signifikan dalam satu dekade terakhir, berkembang menjadi ekosistem yang dinamis dan berbasis teknologi, jauh berbeda dari sebelumnya. Perubahan ini pun semakin dipercepat oleh hadirnya Generasi Z dan Alpha, yang menempatkan pengalaman sebagai faktor pembeda utama. Karena itu, pendekatan berpusat pada nasabah (customer-centricity) menjadi kunci untuk unggul sekaligus membangun loyalitas jangka panjang. Untuk bertahan dan berhasil di era baru ini, penyedia layanan keuangan perlu beradaptasi dengan memodernisasi infrastruktur dan produk, agar mampu menjawab kebutuhan nasabah masa kini maupun mendatang.
Penggerak Utama dalam Perbankan Modern
Perbankan modern tidak lepas dari tantangan struktural yang kompleks. Upaya menciptakan produk berbeda dengan cepat dan efisien kerap terhambat oleh keterbatasan sistem teknologi yang memakan waktu. Di saat yang sama, sebagian besar anggaran teknologi masih dialokasikan untuk menjaga stabilitas dan kepatuhan, seiring regulasi yang terus berkembang. Dalam konteks ini, kemitraan dengan penyedia teknologi inovatif yang menjadi penggerak utama bagi bank untuk tetap kompetitif sekaligus mempercepat inovasi. Sejak memperkenalkan strategi cloud-native pada 2016, Pismo telah berperan dalam membantu berbagai institusi keuangan memperoleh fleksibilitas untuk berinovasi, memperluas skala operasi, dan meningkatkan efisiensi.
Modernisasi infrastruktur tidak harus berarti mengganti sistem inti secara total. Pendekatan modular berbasis cloud memungkinkan transformasi dilakukan secara bertahap, sehingga institusi tetap dapat mempertahankan kendali, meminimalkan potensi gangguan, serta mengurangi risiko operasional. Dengan demikian, baik dalam meluncurkan produk baru, meningkatkan pengalaman nasabah, maupun memperluas jangkauan pasar, infrastruktur berbasis cloud dapat menjadi penggerak utama yang memastikan bank mampu bergerak sesuai kecepatan tuntutan konsumen, dengan tetap menjaga keamanan dan fleksibilitas.
Pergeseran Pola Pikir
Saat ini, banyak penyedia layanan keuangan telah menyadari pentingnya microservices dan API, di mana lebih dari 60% di antaranya telah memanfaatkan teknologi ini selama satu tahun atau lebih¹. Solusi API dan microservices dari Pismo memungkinkan integrasi yang lancar, percepatan inovasi, serta peningkatan pengalaman nasabah. API mendukung integrasi open banking, sementara kapabilitas microservices memberikan fleksibilitas untuk melakukan pembaruan sistem secara independen. Selama sepuluh tahun terakhir, teknologi ini telah membantu bank beralih dari sistem lama menuju real-time processing, sekaligus mempercepat peluncuran produk baru.
Meskipun adopsi teknologi ini saja tidak serta-merta mendefinisikan perbankan generasi baru, hal tersebut menjadi fondasi yang kuat untuk melakukan transisi. Masa depan perbankan adalah tentang kecepatan, ketangkasan, dan kemudahan. Bank-bank yang telah mengadopsi kemajuan ini kini merasakan manfaatnya. Mereka dapat mengembangkan fitur baru hanya dalam hitungan jam, bukan lagi berbulan-bulan, berkat adanya infrastruktur modern seperti model bayar-sesuai-pemakaian (pay-as-you-go), sistem pencatatan (logging) yang lebih komprehensif, serta visibilitas sistem yang lebih baik.
Untuk mendapat manfaat dari perbankan generasi baru, sebuah organisasi harus menargetkan hasil yang transformatif, seperti meluncurkan fitur baru setiap hari, memanfaatkan data real-time untuk personalisasi, dan menciptakan pengalaman nasabah yang berkesan. Namun, kesuksesan ini menuntut adanya pergeseran pola pikir. Sama seperti mobil listrik yang tidak dapat dinilai menggunakan standar mesin pembakaran dari abad ke-19, platform perbankan modern pun perlu dievaluasi berdasarkan keunggulan dan karakteristiknya sendiri, bukan dengan kriteria lama yang sudah tidak relevan.
Kepercayaan dan Langkah ke Depan
Konsumen akan tetap setia kepada merek yang mereka percaya. Namun, loyalitas tersebut dapat dengan mudah hilang karena adanya hambatan dalam pengalaman mereka. Untuk menjaga kepercayaan tersebut, penyedia layanan keuangan harus selalu selangkah lebih maju dan memberikan pengalaman digital yang seamless dan aman, serta mengimplementasikan perbankan modern sepenuhnya untuk kepentingan dunia usaha dan konsumen.
Mereka yang cepat beradaptasi akan menjadi yang terdepan di era baru perbankan ini dan mendapatkan manfaat dari hubungan yang berkelanjutan dan penuh loyalitas dengan nasabah mereka.
__________________________________________
1 Microservices Adoption in 2020, O’Reilly Radar, 2020. Accessed May 2025