Dorong Anak-Anak di Papua untuk Membaca, Visa Donasikan Perpustakaan Anak

06/06/2017

Visa dukung usaha pemerintah dalam mempercepat pembangunan di wilayah Indonesia bagian Timur

 

Visa, perusahaan teknologi pembayaran global berkolaborasi dengan Taman Bacaan Pelangi untuk membangun sebuah perpustakaan dengan 1.300 buku di Sekolah Dasar Inpres Harapan di Sentani Timur, Papua.

Perpustakaan ini mulai beroperasi tanggal 6 Mei 2017 yang lalu, dan sudah lebih dari 300 murid menikmati buku yang disediakan.

Harianto Gunawan, President Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia mengatakan: “Literasi atau membaca merupakan dasar kecakapan hidup yang sangat penting terhadap pembangunan manusia, komunitas dan juga bangsa. Sayangnya masih banyak terdapat sekolah di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Papua yang tidak memiliki akses terhadap buku yang berkualitas. Kami sangat gembira dapat ikut berperan dalam program Taman Bacaan Pelangi untuk meningkatkan semangat membaca anak-anak di Papua dan lebih  mencintai buku sesuai dengan program Pemerintah di dalam percepatan pembangunan di segala bidang khususnya di bidang pendidikan untuk bagian timur Indonesia.”

Dan menurut hasil riset Central Connecticut State University mengenai tingkat literasi di dunia, Indonesia menduduki peringkat yang cukup tinggi yaitu yang ke 60 dari 61 negara1. Sementara itu dari 34 provinsi di Indonesia, empat provinsi dari Indonesia bagian timur tercatat memiliki tingkat iliterasi paling tinggi: Papua (30,87), Nusa Tenggara barat (16,48), Sulawesi Barat (10,33) dan Nusa Tenggara Timur (10,13)2.

Harianto Gunawan melanjutkan, “Di Visa, pertumbuhan dan kemajuan adalah dasar dari semua inisiasi yang kita lakukan. Membantu membangun perpustakaan di sekolah sehingga anak-anak dapat membaca merupakan bagian dari Visa Charitable Contributions yang bertujuan untuk mendukung komunitas sekitar kita dan memberikan kesempatan bagi karyawan kami untuk dapat memberikan kembali (giving back) melalui kegiatan sukarela (volunteering) dan philantrophy. Perpustakaan di Sentani ini merupakan salah satu dari sekian banyak inisiatif yang Visa lakukan di seluruh dunia untuk membantu menciptakan komunitas lokal yang lebih sehat dan aktif.”

 

1 World’s Most Literate Nations Ranked. http://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data
2 Tiga Provinsi Punya Angka Buta Huruf Tertinggi. http://www.jpnn.com/news/tiga-provinsi-punya-angka-buta-huruf-tertinggi

 

Tentang Visa Inc.

Visa adalah perusahaan teknologi pembayaran global yang menghubungkan konsumen, bisnis, bank dan pemerintahan di lebih dari 200 negara dan teritori untuk menyediakan pembayaran elektronik yang cepat, aman dan terpercaya. Visa mengoperasikan salah satu jaringan pemrosesan data tercanggih di dunia – Visa Net – yang mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik dengan perlindungan dari penipuan bagi konsumen dan pembayaran terjamin untuk merchant. Visa bukan bank dan Visa tidak menerbitkan kartu, menaikkan batas kredit atau menetapkan harga dan biaya bagi konsumen. Walaupun demikian, inovasi Visa memungkinkan bank-bank rekanannya untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen: membayar saat ini juga dengan kartu debit, membayar di muka dengan kartu prabayar, atau membayar di kemudian hari dengan produk kartu kredit. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi usa.visa.com/about-visa, visacorporate tumblr.com, www.visa.co.id dan @VisaNews.