Visa Luncurkan Program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak di Indonesia

06/13/2017

#IbuBerbagiBijak merupakan upaya memberdayakan perempuan Indonesia agar mandiri secara finansial

 

Visa, perusahaan teknologi pembayaran global hari ini meluncurkan #IbuBerbagiBijak, sebuah program literasi keuangan yang dicanangkan bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka mendidik dan memberdayakan perempuan agar dapat berbagi pengetahuan mengenai literasi keuangan.

Program tersebut menyasar perempuan berusia 25-50 tahun termasuk ibu pekerja dan ibu rumah tangga yang tinggal di kota-kota besar serta ibu yang melek internet. #IbuBerbagiBijak dilaksanakan dari bulan Juni hingga Oktober 2017 dan mengusung konsep “train the trainer” yang terdiri dari dua tahap.

Program ini akan dimulai dengan serangkaian kegiatan lokakarya literasi keuangan untuk melengkapi perempuan dengan keterampilan manajemen keuangan yang benar. Selain kegiatan lokakarya, Visa juga akan menerbitkan sebuah buklet berisi beragam informasi tentang literasi keuangan yang dikutip dari practicalmoneyskills.com dan buku-buku literasi keuangan yang diterbitkan oleh OJK.

Diharapkan kegiatan lokakarya tersebut dapat ikut membantu mendorong perempuan  untuk mendidik orang-orang terdekat, keluarga ataupun tetangga, serta menyebarkan pengetahuan yang telah mereka peroleh selama mengikuti kegiatan lokakarya di sosial media. Rangkaian program lokakarya tersebut akan dimeriahkan juga dengansejumlah kompetisi video dan foto di media sosial melalui @IbuBerbagiBijak di Instagram.

Berdasarkan survey OJK pada tahun 2016, tingkat literasi keuangan pada perempuan hanya sebesar 25%, sementara laki-laki memiliki tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi yaitu sebesar 33%1. Padahal 75% urusan keuangan rumah tangga dikelola oleh perempuan, sehingga perempuan merupakan sosok yang lebih berperan dalam menyampaikan pendidikan literasi keuangan kepada anak, asisten rumah tangga, maupun anggota keluarga lainnya2.

Harianto Gunawan selaku Presiden Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia meyakini bahwa pengetahuan finansial mampu memberdayakan masyarakat agar dapat mengelola keuangan mereka menjadi lebih baik serta dapat membantu menciptakan kesejahteraan keluarga, negara dan bahkan dirinya sendiri. “Kami bersyukur dapat mengembangkan dan menyelenggarakan program literasi keuangan untuk kaum perempuan bersama OJK. Sudah jelas, perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola keuangan rumah tangga dan memberikan pendidikan keuangan kepada anggota keluarganya. Membekali perempuan melalui berbagai keterampilan keuangan serta  mendorong mereka untuk ikut berperan di dalam menyebarluaskan pengetahuan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang luas dan bermanfaat bagi masyarakat secara umum.”

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan, “Tahun 2017 perempuan dan ibu rumah tangga menjadi target edukasi dalam rangka implementasi Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI). Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh OJK dalam Rangka Pengembangan Materi Edukasi dan Model Inklusi Keuangan bagi Perempuan, mayoritas peserta mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga.”

“Oleh karena itu, OJK berupaya mendorong para perempuan dan ibu rumah tangga agar menjadi cerdas dan mandiri secara finansial, melalui berbagai program edukasi keuangan. Sejalan dengan strategi tersebut, OJK sangat mengapresiasi dan mendukung Program Ibu Berbagi Bijak yang diselenggarakan oleh Visa. Diharapkan setelah mengikuti program ini, para peserta memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan yang lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan keluarga,” lanjutnya.

Harianto Gunawan menambahkan, "Selama lebih dari 20 tahun, Visa telah menjadi yang terdepan di sektor swasta dalam mengembangkan program literasi keuangan yang inovatif dan bebas biaya untuk membantu masyarakat mempelajari dasar-dasar keuangan pribadi secara efektif, termasuk dalam hal penganggaran, penghematan, dan pengeluaran yang bijak. Ke depannya, kami berharap program kami di Indonesia dapat terus menyebarkan pengetahuan keuangan di Indonesia."

Silahkan kunjungi @Ibuberbagibijak di Instagram untuk informasi lebih lanjut tentang program ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang literasi keuangan, silakan kunjungi www.practicalmoneyskills.co.id

 

1 http://mediaindonesia.com/news/read/89187/literasi-perempuan-masih-rawan/2017-01-25
2 http://www.neraca.co.id/article/45837/menggugah-perempuan-bijak-finansial-ketika-mengelola-keuangan-keluarga-lebih-terampil

 

Tentang Visa Inc.

Visa adalah perusahaan teknologi pembayaran global yang menghubungkan konsumen, bisnis, bank dan pemerintahan di lebih dari 200 negara dan teritori, untuk menyediakan pembayaran elektronik yang cepat, aman dan tepercaya.  Kami mengoperasikan salah satu jaringan pemrosesan data tercanggih di dunia – VisaNet – yang mampu menangani lebih dari 65,000 pesan transaksi per detik dengan perlindungan dari penipuan bagi konsumen dan pembayaran terjamin untuk merchant. Visa bukan bank dan Visa tidak menerbitkan kartu, menaikkan batas kredit atau menetapkan harga dan biaya bagi konsumen. Walaupun demikian, inovasi Visa memungkinkan bank-bank rekanannya untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen: membayar saat ini juga dengan kartu debit, membayar di muka dengan kartu prabayar, atau membayar di kemudian hari dengan produk kartu kredit. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi usa.visa.com/about-visa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews.