Rangkul Start-up Inovatif di Indonesia: Pendaftaran Visa Everywhere Initiative Dibuka

07/03/2019

Visa, penyedia pembayaran digital terdepan di dunia, hari ini mengumumkan peluncuran Visa Everywhere Initiative di Indonesia, sebuah kompetisi yang mengajak start-up inovatif untuk memberikan solusi atas tantangan perdagangan di masa depan.  

Visa Everywhere Initiative merupakan program inovasi global yang merangkul start-up untuk mengatasi tantangan perdagangan, mengembangkan produk, dan menawarkan solusi yang mungkin dalam mendukung jaringan mitra Visa yang luas. Hingga saat ini, program telah dilaksanakan di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Asia, Timur Tengah dan Afrika, menjangkau lebih dari 75 negara. 

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan: “Indonesia dinilai sebagai pusat lahirnya start-up inovatif. Didukung oleh perekonomian yang terus bertumbuh dan populasi melek teknologi yang terbilang besar, Indonesia memiliki kondisi yang ideal dalam mendukung munculnya start-up. Tidak heran Indonesia melahirkan start-up unicorn paling banyak di kawasan Asia Tenggara. Kami meyakini saat ini adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan Visa Everywhere Initiative di Indonesia, mengajak start-up untuk mengembangkan solusi yang inovatif dalam mengatasi tantangan-tantangan mendesak yang dihadapi industri perdagangan di Indonesia.”  

Kompetisi dibuka hari ini, 3 Juli — peserta dapat mengetahui lebih lanjut mengenai inisiatif dengan mengunjungi situs resmi1 dan mendaftar disini2. Ketika mendaftar, start-up harus mengajukan solusi untuk salah satu dari tiga tantangan berikut: 

  • Bagaimana start-up membantu memperluas layanan finansial bagi konsumen yang belum memiliki akses ke perbankan dan merchant di Indonesia?  
  • Bagaimana start-up mengembangkan layanan remitansi lintas negara yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengirimkan dan menerima dana? 
  • Bagaimana start-up mendukung pelaku usaha dalam mengelola dan memperlancar arus pembayaran bisnis domestik dan internasional?

 

Peserta yang lolos babak final akan mempresentasikan ide di hadapan panel juri di Bali pada tanggal 12 September. Finalis akan memperebutkan hadiah utama IDR 350 juta dan hadiah untuk pemenang favorit sebesar IDR 75 juta.  

Visa Everywhere Initiative pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 untuk mengasah kreativitas dan talenta komunitas start-up di seluruh dunia. Sejak diluncurkan, program tersebut telah mengundang partisipasi lebih dari 4.000 start-up di seluruh dunia, dengan total pendanaan kolektif mencapai lebih dari USD 2,5 miliar. 

 

1 https://www.visa.co.id/visa-everywhere/everywhere-initiative/initiative.html

2  https://getkite.co/p/veiindonesia2019

 

Tentang Visa Inc. 

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi About Visa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews.