Visa Hadirkan Pembayaran Contactless di McDonald’s Indonesia

11/26/2019

Pelanggan kini dapat membeli makanan di restoran McDonald’s dengan kecepatan sekali tap menggunakan kartu Visa berteknologi contactless

 

Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, bekerja sama dengan McDonald's Indonesia untuk menghadirkan teknologi pembayaran contactless kepada para pelanggan restoran cepat saji terbesar ini. Pemegang kartu Visa kini dapat menikmati pembayaran lebih cepat hanya dengan sekali sentuh (tap) menggunakan kartu, ponsel, atau perangkat berteknologi contactless di seluruh outlet McDonald's di Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan tanpa harus memasukkan PIN atau tanda tangan untuk nominal transaksi di bawah Rp1 juta. 

Teknologi contactless menghadirkan pengalaman membayar yang aman dan cepat. Berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes1 terbaru oleh Visa, konsumen Indonesia, khususnya para milenial yang paham teknologi, memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap pengalaman membayar yang tanpa hambatan. Dengan kartu contactless, pelanggan dapat membayar transaksi bernilai kecil dalam hitungan detik saja. Untuk melakukan pembayaran contactless, pelanggan cukup tap kartu debit dan kredit berteknologi contactless, atau perangkat lainnya berteknologi NFC seperti ponsel, pada terminal contactless yang tersedia, dan dalam hitungan detik, transaksi selesai. Meskipun tidak memerlukan nomor PIN ataupun tanda tangan, transaksi ini memiliki tingkat keamanan yang sama dengan membayar melalui kartu chip EMV lainnya, di mana kartu akan tetap berada di tangan pelanggan selama proses pembayaran. 

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia mengatakan: “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan McDonald’s Indonesia untuk memperkenalkan pembayaran contactless kepada jutaan pelanggannya di Indonesia. Kami memiliki tujuan yang sama untuk menghadirkan cara membayar yang lebih mudah, aman, dan tanpa hambatan bagi pelanggan saat membeli makanan favoritnya di restoran McDonald’s terdekat. Melalui kerja sama yang berkelanjutan dengan para pemimpin pasar yang secara langsung berinteraksi dengan konsumen dan dapat memberikan pengalaman pembayaran terbaik, kami mewujudkan misi kami untuk meningkatkan inklusi keuangan menuju masyarakat non tunai di Indonesia.”  

Berbicara mengenai kerja sama ini, Yanti Lawidjaja, Finance and IT Director McDonald’s Indonesia, mengatakan: “Kami meyakini bahwa Visa dapat memberikan teknologi pembayaran yang terbaik, dan kami senang dapat menghadirkan pembayaran Visa contactless kepada pelanggan berharga kami, di mana pun mereka berada. Kami memiliki misi menjadi tempat makan dan minum favorit bagi para pelanggan kami, dan dengan kerja sama ini, kami juga dapat menawarkan cara membayar favorit di mana pelanggan dapat memesan makanan dengan lebih mudah dibanding sebelumnya. Kami berharap dengan pembayaran contactless, kami dapat terus mengembangkan layanan terbaik kami dan tetap menjadi restoran cepat saji pilihan utama bagi keluarga Indonesia." 

Untuk mempromosikan pembayaran contactless, Visa dan McDonald’s berencana berkolaborasi dalam meluncurkan promosi spesial bagi para pelanggan mulai awal tahun 2020.  

Teknologi Visa contactless juga sudah dapat dinikmati para konsumen yang hendak membayar layanan atau produk di sejumlah supermarket, bioskop, dan stasiun SPBU tertentu, dan jumlah merchant ini masih akan terus bertambah lagi ke depannya. 

Pelanggan membayar paket makanan di salah satu outlet McDonald’s dengan men-tap kartunya. Menggunakan kartu Visa berteknologi contactless, pelanggan kini dapat membayar hanya dengan sekali tap untuk transaksi di bawah Rp1 juta di outlet McDonald’s di seluruh Indonesia tanpa PIN ataupun tanda tangan. Meskipun tidak memerlukan nomor PIN ataupun tanda tangan, transaksi ini memiliki tingkat keamanan yang sama dengan pembayaran melalui kartu chip EMV lainnya, di mana kartu akan tetap berada di tangan pelanggan selama proses pembayaran. 

 

 

 

Intuit Research ditugaskan oleh Visa untuk melakukan studi Consumer Payment Attitudes guna memahami perilaku konsumen digital dengan tujuan mendorong pembayaran elektronik yang lebih besar. Survei pada tahun 2018 dilakukan di 8 negara di Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja yang melibatkan 4000 responden. Demografi responden di Indonesia adalah pria dan wanita berusia 18 tahun ke atas dengan penghasilan pribadi bulanan dari Rp3 juta ke atas.

 

Tentang Visa Inc. 

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi About Visa, visacorporate.tumblr.com dan @VisaNews