Kolaborasi Visa dengan Kadin Indonesia Perkuat Literasi Keuangan UMKM

01/30/2023

Modul Practical Money Skills Visa menjadi acuan dalam pengembangan keterampilan keuangan digital bagi pemilik UMKM

 

Visa, pemimpin pembayaran digital di dunia, hari ini menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk bekerjasama dalam upaya peningkatan literasi keuangan dan bisnis digital di Indonesia. Dalam perjanjian ini, modul edukasi keuangan ‘Practical Money Skills’ dari Visa akan didistribusikan kepada berbagai UMKM di bawah binaan Kadin di seluruh negeri. Visa juga akan terlibat dalam berbagai program keterampilan keuangan digital yang akan dilaksanakan oleh Kadin beserta mitra lain-lainnya.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, “Kita sudah berada di era yang serba digital. Pemerintah juga mendorong percepatan transformasi digital untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang menjadi salah satu misi penting Kadin. Kami melihat pentingnya upaya meningkatkan keterampilan keuangan digital bagi UMKM yang memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Saya menyambut baik dukungan Visa serta visi kita bersama dalam upaya digitalisasi UMKM sebagai salah satu kunci dari membangun bisnis yang berkelanjutan dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Keahlian dan pengalaman Visa sebagai jaringan pembayaran digital global akan melengkapi Kadin dalam upaya meningkatkan literasi keuangan serta digital di Indonesia. Melalui program Wiki Wirausaha sebagai wadah informasi digital untuk UMKM, Kadin bersama para Mitra Perusahaan berharap dapat mendukung UMKM untuk naik kelas.”

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran sangat besar dalam pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah sendiri menargetkan, 30 juta UMKM onboard digital, atau masuk ke platform digital pada 2024. Namun, Asosiasi E-commerce Indonesia (Indonesian E-Commerce Association/idEA) mencatat bahwa saat ini baru sekitar 19 juta UMKM di bawah naungannya yang sudah berjualan di platform digital1.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, mengatakan, “Kami berkomitmen untuk terus membantu meningkatan kemampuan pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia, terutama para pelaku UMKM sebagai salah satu penopang ekonomi di Indonesia. Sebuah kehormatan bagi kami dapat mendukung Kadin, dengan berbagi best practice global dalam bentuk sejumlah pengelolaan keuangan serta bisnis yang telah teruji di berbagi belahan dunia, untuk membantu UMKM di Indonesia memahami dan menerapkan dasar-dasar pengelolaan keuangan yang baik, serta memahami pentingnya go digital sebagai fondasi penting dalam mengembangkan bisnis mereka di era new normal.”
 

Kolaborasi Visa dengan Kadin Indonesia Perkuat Literasi Keuangan UMKM - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid (duduk, kiri) bersama Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman (duduk, kanan), menandatangani Nota Kesepahaman untuk meningkatkan keterampilan dan literasi keuangan bagi UMKM di Indonesia. Penandatanganan disaksikan oleh perwakilan KADIN antara lain tampak dalam foto Wakil Ketua Umum Bidang Kewirausahaan, Aldi Haryopratomo (tengah) dan Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Investasi dan Kemitraan, Joshua Agusta (paling kiri), beserta Head of Inclusive Impact & Sustainability Visa Asia Pacific, Patsian Low (paling kanan). Dalam kolaborasi KADIN Indonesia dengan Visa ini, modul Practical Money Skills dari Visa akan didistribusikan kepada berbagai UMKM di bawah binaan KADIN Indonesia.

 

1 UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital

 

Tentang Visa

Visa (NYSE: V) adalah pemimpin dunia dalam pembayaran digital yang memfasilitasi transaksi antara konsumen, pedagang, lembaga keuangan, dan institusi pemerintah di lebih dari 200 negara dan wilayah. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, mudah, andal, dan aman, yang memungkinkan individu, pelaku usaha, dan perekonomian untuk terus berkembang. Kami meyakini bahwa ekonomi yang inklusif akan mampu memberdayakan semua orang di mana pun mereka berada. Kami juga meyakini bahwa akses merupakan fondasi utama untuk terus mendorong pergerakan uang di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Visa.com.